Facebook Pixel Code 7 Cara Mengatasi Bayi Demam karena Tumbuh Gigi

7 Cara Mengatasi Bayi Demam karena Tumbuh Gigi

Bunda mungkin ada yang bertanya, umur berapa bayi mulai tumbuh gigi? Umumnya gigi pertama bayi akan mulai muncul antara usia 4-7 bulan. Rewel, sering menangis, dan demam pada bayi bisa jadi bayi tumbuh gigi.

Tak perlu panik, Bun. Ketahui dulu panduan dan tips-tips penting meredakan demam .Berikut beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk redakan demam karena tumbuh gigi

Gejala Bayi Tumbuh Gigi & Demam

Jika buah hati demam saat usia tumbuh gigi, Bunda harus tahu dulu apakah ia memang sedang mengalami tumbuh gigi. Gejala umum tumbuh gigi pada bayi antara lain:

  • Mengeluarkan banyak liur

  • Rewel dan uring-uringan

  • Lebih banyak menangis daripada biasanya

  • Suka mengunyah benda-benda kenyal (mainan tumbuh gigi).

Untuk gejala demam pada usia tumbuh gigi, biasanya temperaturnya berkisar antara demam ringan hingga tinggi, yaitu antara 37,2-38 derajat Celcius.

Lima Cara Meredakan Demam karena Tumbuh Gigi

Bunda harus memahami bahwa demam belum tentu karena penyakit atau infeksi. Demam adalah mekanisme tubuh untuk merespons adanya benda asing dalam tubuh, yang dalam hal ini adalah gigi yang baru tumbuh.

  1. Berikan Cairan

Bayi yang sedang demam membutuhkan cairan sepanjang hari. Tetap berikan ASI untuk buah hati seperti biasanya, Bun. Jika bayi rewel dan tidak mau menyusu, tetap berikan dalam porsi lebih sedikit tapi sering.

  1. Setel Suhu Ruangan

Usahakan suhu ruangan kamar bayi berkisar antara 18-23 derajat Celcius supaya ia merasa sejuk dan tidak kegerahan. Bunda juga boleh memakaikan baju rumah yang lebih nyaman dan tipis. Selain itu, coba tips memandikan bayi dengan air yang sedikit hangat sambil menggosok/memijat lembut badan bayi.

  1. Mainan Gigi atau Benda Dingin

Tawarkan mainan gigi atau kain basah supaya bayi bisa menggigit. Mainan gigit juga sebaiknya dalam keadaan dingin untuk meredakan rasa sakit atau gatal pada gusinya.

Jika bayi menolak mainan gigit, coba gunakan jari Bunda untuk memijat atau menekan-nekan gusinya. Pastikan tangan Bunda sudah bersih saat dimasukkan ke dalam mulut bayi.

  1. Obat-obatan

Jika terlihat sangat kesakitan, coba berikan obat-obatan yang dosisnya sesuai dengan usia buah hati. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat-obatan yang bisa Bunda berikan kepada si buah hati.

  1. Hubungi Dokter

Meski demam saat tumbuh gigi merupakan hal yang wajar, sebaiknya Bunda menghubungi dokter jika buah hati mengalami kondisi berikut:

  • Berusia di atas 3 bulan dan temperatur di atas 38 derajat Celcius

  • Demam berlangsung selama lebih dari 24 jam

  • Bayi mengalami muntah, gatal-gatal, dan diare

  • Bayi terlihat sangat capek dan kesakitan

  • Bayi tidak terlihat membaik walau sudah dilakukan perawatan umum untuk meredakan sakit dan demam.

Pada umumnya, demam karena tumbuh gigi pada bayi bukanlah hal yang sangat serius. Saat gigi telah tumbuh dari gusi, demam pun akan berangsur reda. Konsultasikan juga kepada dokter mengenai seluruh kesehatan tubuh dan gigi bayi secara rutin ya, Bun.

Artikel Terpopuler