Facebook Pixel Code 6 Cara Efektif Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi

6 Cara Efektif Mengatasi Bayi yang Rewel Setelah Imunisasi

Bayi Rewel Setelah Imunisasi

Bayi rewel setelah imunisasi tentu membuat Bunda resah. Namun, Bunda tidak perlu terlalu khawatir jika kerewelan buah hati masih dalam tahap normal. Bayi rewel setelah imunisasi merupakan hal biasa. Untuk mengatasinya, sebaiknya Bunda mengetahui beberapa hal berikut yang mungkin menyebabkan buah hati rewel setelah si bayi disuntik.

Rewel karena Demam

Anak panas setelah imunisasi biasanya membuat anak lebih rewel. Untuk mengatasi demam, Bunda bisa memberikan ASI kepada buah hati. Demam akan berangsur reda jika buah hati banyak minum ASI.

Cobalah pakaikan baju yang longgar dan nyaman untuk buah hati. Kalau demam tidak kunjung turun, Bunda bisa memberikan penurun panas yang cocok untuk bayi sesuai anjuran dokter. Bunda direkomendasikan selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikan obat.

 

Baca juga: Cek Disini untuk Tips Mengatasi si Kecil yang Rewel

 

Rewel karena Rasa Sakit

Salah satu yang dapat penyebab bayi rewel setelah mendapatkan imunisasi adalah rasa sakit karena habis disuntik. Sebenarnya bisa jadi rasa sakit sudah tidak terasa lagi. Namun, bisa saja buah hati mengalami trauma dengan jarum suntik dan berpikir bekas suntikan masih terasa sakit.

Bunda bisa menenangkan buah hati dengan menggendong, memeluk, dan menyusuinya. Namun, kalau Bunda melihat rasa sakitnya tidak kunjung hilang, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memberikan penghilang rasa sakit.

Berikut adalah dua jenis obat yang umumnya diberikan dokter guna mengurangi rasa sakit pada buah hati.

Acetaminophen

Obat ini berfungsi sebagai pereda nyeri dan rasa sakit dan bisa digunakan untuk bayi. Untuk mengetahui dosis yang tepat, silakan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Ibuprofen

Sama seperti acetaminophen, obat ini juga berfungsi untuk pereda nyeri dan rasa sakit. Penggunaannya hanya untuk bayi berusai 6 bulan ke atas. Untuk mengetahui dosis yang tepat, Bunda disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

Baca juga: Resep MPASI 8 Bulan dengan Bubur Roti Pisang

 

Merasa Panik

Salah satu faktor buah hati rewel setelah imunisasi bisa jadi karena Bunda merasa cemas. Bayi bisa merasakan jika Bunda sedang merasa khawatir saat buah hati akan atau baru diimunisasi. Memang hal ini susah dijelaskan secara ilmiah, tapi semacam ikatan batin antara Bunda dan buah hati yang terjadi.

Sebagai salah satu cara mengatasi hal ini, Bunda bisa mencoba beberapa cara berikut.

Menenangkan Diri

Coba tenangkan diri Bunda dengan pernapasan. Sering-sering tarik napas dan embuskan. Pernapasan akan membantu Bunda lebih tenang dan rileks. Tarik napas melalui hidung dan embuskan dari mulut pelan-pelan khususnya saat Bunda merasa cemas. Metode ini akan membantu Bunda untuk mengurangi rasa cemas.

Yakin Buah Hati Kuat

Selain percaya pada diri sendiri, Bunda juga sebaiknya yakin buah hati kuat. Walau masih kecil dan badannya mungil, sebaiknya Bunda percaya buah hati kuat melawan rasa sakit. Wajar saja kalau buah hati rewel setelah imunisasi karena bisa jadi ia merasa kaget disuntik. Namun, Bunda sebaiknya tetap yakinkan buah hati bisa menghadapinya.

Hindari Rasa Panik

Sebisa mungkin sebaiknya Bunda tetap tenang saat menghadapi bayi yang rewel. Ini karena bayi dapat merasakan jika Bunda merasa panik, sedih, atau frustrasi. Emosi ini dapat tersampaikan kepada buah hati dan membuatnya semakin resah dan rewel. Ketenangan Bunda dapat membantu buah hati melupakan traumanya saat pertama kali disuntik.

Saat bayi rewel setelah imunisasi, Bunda bisa menggendong sambil mengusap punggungnya. Buat buah hati merasa nyaman dan aman. Susui buah hati dan katakan padanya, “Sakit ya sayang habis disuntik? Nggak apa-apa, ya. Adek kuat, kok. Disuntik biar adek tetap sehat dan kuat dan nggak gampang sakit. Bunda jagain terus kok, di sini.”

Berbicara seperti itu kepada buah hati, walau ia mungkin belum bisa mengerti atau menjawab, dapat menjadi jadi metode efektif untuk menenangkannya. Yakinlah bahwa si buah hati sebenarnya paham yang Bunda katakan. Ucapan-ucapan Bunda, ditambah usaha untuk menenangkan buah hati, akan sangat membantunya menjadi lebih tenang.

Artikel Terpopuler