Facebook Pixel Code Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Apakah Normal?

Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Apakah Normal?

 

Bayi 8 bulan belum tumbuh gigi dapat jadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Lalu, apakah ini normal, atau perlu dikhawatirkan? Cari tahu jawaban dan penyebabnya dalam artikel berikut!

Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi Apakah Berbahaya?

Umumnya, gigi pertama bayi tumbuh pada usia 6 bulan yang diawali dengan munculnya gigi seri tengah bawah. Namun, usia ini tidak bisa dijadikan patokan. 

Sebab, ada bayi yang mulai tumbuh gigi sejak usia 6 bulan, sedangkan bayi lain mengalami pertumbuhan gigi pertama di usia 8 hingga 10 bulan. 

Jadi, jika bayi usia 8 bulan belum tumbuh gigi kondisi ini masih tergolong normal dan tidak berbahaya. Bunda perlu khawatir bila bayi usia 18 bulan, tetapi belum tumbuh gigi pertama.

Penyebab Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Meski umur bayi tumbuh gigi berbeda-beda, Bunda perlu tahu apa saja hal yang menyebabkan bayi usia 8 bulan belum tumbuh gigi. Berikut penjelasannya:

1. Kekurangan Asupan Nutrisi

Di usia 8 bulan, bayi masih memperoleh asupan nutrisi dari ASI dan MPASI. Jika bayi tidak mendapat nutrisi yang cukup dari ASI dan MPASI, pertumbuhan gigi si Kecil bisa terhambat. 

Adapun nutrisi yang perlu diberikan pada bayi agar pertumbuhan giginya optimal adalah kalsium, fosfor, serta vitamin D, C, dan A. 

Tidak hanya baik bagi pertumbuhan gigi, seluruh nutrisi tersebut juga diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan berperan penting dalam tumbuh kembang si Kecil secara keseluruhan.

2. Faktor Keturunan

Faktor keturunan atau genetik juga menjadi penyebab utama bayi 8 bulan belum tumbuh gigi. 

Coba cari tahu apakah ada anggota keluarga Bunda maupun Ayah, pernah mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi. Jika ada, kemungkinan bayi mengalami hal yang sama. 

Baca Juga: Obat Alami Demam Bayi Tumbuh Gigi yang Ampuh dan Aman

3. Bayi Lahir Prematur

Penyebab bayi usia 8 bulan belum tumbuh gigi berikutnya adalah riwayat lahir prematur. 

Perkembangan bayi lahir prematur cenderung lebih lambat dari bayi yang lahir seusianya. Ini termasuk mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi dan tahap perkembangan lainnya. 

4. Impaksi Gigi

Impaksi gigi juga merupakan penyebab pertumbuhan gigi bayi terlambat. Impaksi gigi adalah kondisi gigi gagal tumbuh akibat tertanam di dalam gusi.

Selain gigi permanen, gigi susu juga bisa mengalami impaksi. Gigi susu yang mengalami impaksi umumnya akan sulit tumbuh dan akan tetap berada dalam gusi bayi. 

5. Hipotiroidisme 

Penyebab bayi 8 bulan belum tumbuh gigi berikutnya adalah kondisi medis tertentu seperti hipotiroidisme, yakni kondisi kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah cukup.

Akibatnya beberapa sistem tubuh tidak mampu berfungsi secara normal, sehingga berpengaruh terhadap detak jantung, suhu tubuh, dan metabolisme.

Jika si Kecil mengalami hipotiroidisme, capaian tumbuh kembangnya akan terhambat. Tidak hanya pertumbuhan gigi, begitu pula kemampuan bicara dan berjalannya.

6. Fibrosis

Fibrosis adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan penebalan gusi sehingga berdampak pada munculnya gigi bayi untuk tumbuh.

Baca Juga: Apakah Wajar Bayi 8 Bulan Belum Bisa Merangkak?

Cara agar Bayi Cepat Tumbuh Gigi

Untuk merangsang agar gigi bayi cepat tumbuh sesuai tahapan umurnya, Bunda bisa melakukan hal-hal berikut:

1. Berikan Makanan Seukuran Genggaman Bayi

Menginjak usia 8 bulan, si Kecil sudah bisa diperkenalkan makanan seukuran genggaman bayi (finger food). Pemberian finger food ternyata bisa merangsang pertumbuhan gigi bayi

Meski giginya belum tumbuh, si Kecil bisa mengunyah dengan melibatkan gerakan rahang, lidah, dan pipi. Dengan begitu, ia akan terlatih untuk menggigit dan mengunyah makanan. 

Bunda bisa berikan camilan finger food sebagai makanan agar gigi bayi cepat tumbuh seperti potongan buah segar, sayuran yang telah dikukus, telor orak-arik, dan pasta rebus. 

2. Stimulasi dengan Mainan yang Bisa Digigit

Selain menggunakan finger food, Bunda juga bisa berikan mainan yang digigit (teether). Mainan ini terbuat dari bahan karet yang bertujuan untuk merangsang agar gigi bayi cepat tumbuh. 

Pemberian teether juga dapat membantu mengatasi gusi yang gatal saat gigi bayi baru tumbuh.

Baca Juga: Apakah Normal Bayi Usia 8 Bulan Belum Bisa Tengkurap Sendiri?

3. Perbanyak MPASI Tinggi Kalsium

Cara agar bayi 8 bulan cepat tumbuh gigi berikutnya adalah dengan memberikan MPASI tinggi kalsium.

Bunda bisa membuat MPASI dari bahan makanan agar bayi cepat tumbuh gigi. Misalnya tahu, brokoli, keju, kacang kedelai, yogurt, dan pisang. 

4. Rutin Menjemur si Kecil

Selain dari asupan makanan, Bunda bisa meningkatkan asupan vitamin D dengan rutin menjemur si Kecil setiap hari. Paparan sinar matahari dapat bantu menambah asupan vitamin D pada tubuh. 

Selain itu, vitamin D bisa menyerap kalsium dari makanan yang dimakan si Kecil, sehingga merangsang pertumbuhan gigi lebih cepat. 

Baca Juga: Berat Badan Bayi 8 Bulan yang Ideal dan Cara Mencapainya

5. Memijat Gusi Bayi

Stimulasi agar bayi 8 bulan tumbuh gigi pertama adalah dengan memijat gusinya dengan lembut. 

Bunda bisa membalut jari telunjuk dengan handuk tipis steril yang sudah dibasahi air matang. Kemudian, pijat lembut setiap sisi gusi bayi dan lakukan setiap malam hari sebelum tidur.

Langkah ini juga berguna untuk memberikan rasa nyaman, terutama saat si Kecil rewel saat tumbuh gigi

Itu dia penjelasan mengenai penyebab bayi 8 bulan belum tumbuh gigi serta cara agar gigi bayi cepat tumbuh. 

Bunda juga bisa memonitor tumbuh kembang bayi di bulan ini dengan mengunduh Catatan Perkembangan Anak, gratis! Yuk, coba sekarang, Bun!






Referensi:

  1. Khan, A. (2019, August 6). Late Teething in Babies – Causes and Complications. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/late-teething-in-babies-causes-and-complications/
  2. Is it normal that my baby doesn’t have teeth yet? (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/health/teething-and-tooth-care/is-it-normal-that-my-baby-doesnt-have-teeth-yet_10329253
  3. Is it okay for an 8 month old baby not to have teeth yet? (2024). Vinmec International Hospital. https://www.vinmec.com/eng/article/is-it-okay-for-an-8-month-old-baby-not-to-have-teeth-yet-en
  4. Nunez, K. (2021, October 13). When to See a Dentist About Your Child’s Baby Teeth Not Coming In. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/when-to-worry-about-baby-teeth-not-coming-in
  5. Verywell. (2016). Survival Tips for a Teething Baby. Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/a-guide-to-infant-teething-4047462
  6. Is there any way to help children grow teeth faster? (2024). Vinmec International Hospital. https://www.vinmec.com/eng/article/is-there-any-way-to-help-children-grow-teeth-faster-en
  7. Parents. (2015). 13 Finger Foods for Babies With No Teeth. Parents. https://www.parents.com/baby/feeding/solid-foods/15-easy-finger-foods-for-babies-with-no-teeth
  8. Masters, M. (2016, November 15). Best Calcium-Rich Foods for Toddlers and Kids. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/toddler-nutrition/calcium-for-toddlers.aspx

Artikel Terpopuler