Facebook Pixel Code Saat Perkembangan Bayi 7 Bulan Biasanya Hal Ini Terjadi

Saat Perkembangan Bayi 7 Bulan Biasanya Hal Ini Akan Terjadi

perkembangan bayi 7 bulan

Bulan ketujuh sering disebut-sebut sebagai masa transisi bagi bayi. Sebab, di fase ini si Kecil mungkin sudah bisa merangkak, makan-makanan padat, dan menunjukkan berbagai macam tanda-tanda perkembangan bayi 7 bulan lainnya.

Nah, untuk memastikan perkembangannya lancar, Bunda sebaiknya memahami tanda-tanda tersebut dan memperhatikannya pada si Kecil. Nantinya, Bunda jadi dapat memberikan stimulasi atau dukungan yang si Kecil butuhkan di masa perkembangannya ini.

Berikut adalah informasi lengkap seputar perkembangan bayi usia 7 bulan!

Tanda-Tanda Perkembangan Bayi 7 Bulan

Sebenarnya, dari usia 4 hingga 7 bulan, si Kecil sudah mengalami perubahan-perubahan yang signifikan. Perubahan yang ada itu meliputi perkembangan indranya, kemampuan motoriknya, dan kekuatan tubuhnya. Namun, khusus di bulan ketujuh, si Kecil akan menunjukkan tanda-tanda perkembangan dalam berbagai aspek, seperti berikut ini!

  • Kemampuan Motorik

Si Kecil kini mencoba untuk bergerak, entah itu dengan merangkak, menyeret tubuhnya, atau berputar dalam keadaan tiduran. Selain itu, si Kecil pun kini bisa duduk tanpa perlu bantuan yang artinya dia sudah siap bermain.

Untungnya, perkembangan bayi umur 7 bulan juga meliputi kemampuan menggenggam. Di satu sisi, hal ini merupakan perkembangan yang positif karena si Kecil sudah bisa memegang gelas dan makan dengan sendok plastik. Tapi, hati-hati karena saat usia ini si Kecil juga jadi gemar mengemut objek yang digenggamnya. Hindari memberikan mainan yang tajam atau berbahaya bagi si Kecil.

Lantas, bagaimana dengan kemampuan berjalannya? Belum, si Kecil belum bisa berjalan. Namun begitu, bulan ketujuh adalah waktu yang tepat untuk melatih kekuatan kakinya karena si Kecil sudah bisa berdiri sambil dipegang atau dengan bantuan.

  • Kemampuan Visual

Sebenarnya, pandangan si Kecil baru akan sempurna ketika usianya 3 tahun. Tetapi, pada bulan ketujuh, si Kecil kini bisa melihat berbagai warna dengan sempurna. Lalu, dia pun jadi semakin bisa melihat objek lebih jauh. Tentunya kedua hal ini dapat membantunya melihat dan mengikuti objek yang bergerak, Bund!

  • Kemampuan Komunikasi

Jika berbicara dari segi kemampuan komunikasi, perkembangan bayi 7 bulan yang biasa muncul adalah kemampuannya merespon ketika dipanggil dengan namanya. Si Kecil sudah tahu kalau dia memiliki nama.

Lalu, si Kecil pun juga bisa mengetahui suasana hati lawan bicara hanya dengan mendengar nada bicaranya atau kata yang diucapkannya. Jadi, kalau Bunda melarangnya atau bilang “tidak”, si Kecil mungkin akan menunjukkan rasa kecewa lewat suara-suara yang dikeluarkannya.

Nah, tapi ketika dia sedang senang, si Kecil juga akan melakukan hal tersebut. Si Kecil mungkin akan ketawa atau mengeluarkan suara-suara lucu yang tentunya akan menyejukkan hati Bunda!

  • Kemampuan Kognitif

Kemampuan kognitif sebenarnya sudah dijelaskan sebelumnya karena kemampuan yang satu ini digunakan oleh si Kecil untuk berkomunikasi, melihat objek, atau mengambil keputusan saat bergerak. Namun, untuk mengetahui kemampuan kognitif lainnya, ada beberapa yang belum disebut nih, Bund!

Pertama, si Kecil kini bisa melihat objek yang hanya terlihat sebagian. Si Kecil mungkin akan meraih objek itu dan mengambilnya, meski tidak melihat secara menyeluruh. Kini si Kecil kenal akan karakteristik objek.

Lalu, si Kecil pun juga mulai bermain dengan tangan dan mulutnya. Untuk bermain dengan mulut, hal ini sangat wajar karena usia 7 bulan adalah saat-saat di mana gigi si Kecil mulai tumbuh. Lalu, untuk kemampuan bermain dengan tangan, si Kecil akan menggunakannya untuk meraih objek-objek yang menarik perhatiannya, meski posisinya jauh darinya.

Nah, itulah tadi beberapa perkembangan bayi 7 bulan secara umum. Meski tanda-tanda di atas sangat spesifik, Bunda perlu paham kalau pertumbuhan dan perkembangan si Kecil berbeda antara satu dan lainnya. Jadi, kalau si Kecil belum menunjukkan semua tanda tadi, jangan panik dan beri dia dukungan, seperti mengajarkan si Kecil merangkak, mengajak berkomunikasi dan lainnya.

Namun, kalau semua upaya yang sudah dilakukan tidak berhasil, Bunda dapat mengunjungi dokter ahli kesehatan anak untuk memperoleh tips dan trik yang lebih disesuaikan dengan kondisi si Kecil. Semoga informasi tadi bermanfaat dan semoga si Kecil tumbuh jadi Anak Generasi Maju ya, Bund!

Sumber:

  • Bruise, Chaunie. (2018). Your 7-Month-Old Baby’s Development & Milestones. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-7-month-old-baby-development-and-milestones-4172912

  • Developmental Milestones: 7 Months. (2021). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Developmental-Milestones-7-Months.aspx

  • Watson, S. (2009, October 22). Baby Development: Your 7-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-7-month-old#1

  • Bruise, Chaunie. (2018). Your 5-Month-Old Baby’s Development & Milestones. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-5-month-old-baby-development-and-milestones-4172566

  •  Developmental Milestones: 7 Months. (2021). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Developmental-Milestones-7-Months.aspx

  •  Developmental Milestones: 7 Months. (2021). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Developmental-Milestones-7-Months.aspx

  • Watson, S. (2009, October 22). Baby Development: Your 7-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-7-month-old#2

Artikel Terpopuler