Facebook Pixel Code 5 Cara Mendidik Anak Usia Dini Demi Tumbuh Kembang Optimal

5 Cara Mendidik Anak Usia Dini Demi Tumbuh Kembang Optimal

cara mendidik anak

Si Kecil susah diatur atau sering melompat ke sana kemari meski sudah diperingatkan? Tetap sabar, ya Bun!

Perilaku aktif dan keinginan untuk mengeksplorasi sekitar memang sering kali ditunjukkan oleh anak usia dini, yakni mereka yang berada di antara usia 1 hingga 5 Tahun. Di usia ini pulalah banyak orang tua yang mengeluh mengenai perilaku anak-anak mereka.

Maka, dari itu setiap orang tua perlu paham bagaimana cara mendidik anak usia dini yang tepat sebab jika tidak diarahkan, bisa jadi hal ini berdampak buruk pada kepribadian si Kecil. UNICEF sendiri bahkan menyebutkan bahwa apa yang diberikan kepada si Kecil hari ini akan membentuk kepribadian mereka di masa mendatang.

Lalu, bagaimana cara mendidik anak usia dini agar tumbuh kembangnya juga bisa berlangsung optimal?

Simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya Bun!

Konsisten Terhadap Aturan dan Rutinitas

Tidak banyak yang sadar bahwa aturan dan rutinitas memberi kesempatan si Kecil berada di zona aman dan nyaman. Jika keduanya terus diimplementasikan secara konsisten, maka seorang anak akan berperilaku sesuai dengan harapan orang tua. Aturan dan rutinitas tersebut meliputi jadwal makan, waktu tidur siang, dan jam bermain.

Sayangnya, meski aturan dan rutinitas ini dijalankan setiap hari, bukan tidak mungkin Bunda terkadang akan merasa bosan dengan aktivitas si Kecil. Jika sudah seperti ini, Bunda perlu cari cara untuk tenang dan bikin rutinitas jadi menyenangkan. Yuk, simak tipsnya berikut! 

Dorong si Kecil Menghadapi Tantangan

Jika si Kecil adalah seorang pemalu, misalnya, dorong dia secara diam-diam untuk mendekati anak-anak yang baru ia temui. Meski hal tersebut membuatnya merasa gugup dan takut. Ketika hal ini terus diusahakan, si Kecil secara perlahan akan belajar menghadapi tantangan yang akan mendukung proses tumbuh kembangnya.

Belajar Menunjukkan Kasih Sayang

"Bunda sayang kakak!" Bisa jadi celetukan sepele bagi orang tua, tapi bagi si Kecil hal ini sangat berarti. Semakin banyak kasih sayang dan ungkapan cinta seperti pelukan yang diberikan, maka semakin besar rasa nyaman yang muncul di benak seorang anak. Hal ini pun secara tidak langsung akan memengaruhi pertumbuhannya.

Terapkan Metode Time Out

Cara mendidik anak usia dini yang terakhir agar tumbuh kembangnya optimal adalah dengan menerapkan metode Time Out. Menurut American Family Physician, metode ini bertujuan untuk memberi waktu bagi seorang anak untuk merenungi kesalahannya.

Ketika si Kecil sering melakukan perilaku buruk seperti mengamuk, merengek, berkelahi, dan berdebat, maka tidak berbicara dengannya selama beberapa waktu akan membuat ia memikirkan lagi segala tindakannya. Cara ini terbilang efektif dibandingkan dengan menindak anak secara fisik.

Itulah 5 cara mendidik anak usia dini yang bisa Bunda terapkan di rumah demi tumbuh kembang si Kecil yang optimal. Salah satu tips untuk tumbuh kembang optimal yang sering kali disepelekan adalah memastikan pemenuhan nutrisi si Kecil tercapai. Di banyak tempat, pemenuhan nutrisi anak masih jadi kendala. Makanya, untuk ikut ambil bagian dalam membantu pemenuhan nutrisi anak, Bunda bisa ikut gerakan #AyoTunjukTangan.

#AyoTunjukTangan untuk Dukung Kemajuan Anak Indonesia

SGM Eksplor meluncurkan gerakan #AyoTunjukTangan demi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung pemenuhan akses nutrisi serta pendidikan anak Indonesia agar tumbuh maksimal jadi Anak Generasi Maju.

Pasalnya, laporan UNICEF Indonesia mengenai Covid-19 dan Anak di Indonesia menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan. Maka dari itu, ada tiga dukungan kemajuan anak Indonesia yang bisa Bunda lakukan, yakni:

  1. Bantu 75.000 anak di atas 1 tahun untuk mendapatkan dukungan nutrisi

  2. Bantu 1.500 anak untuk mendapatkan beasiswa pendidikan online

  3. Bantu renovasi fasilitas sekolah

Cara Dukung Kemajuan Anak Indonesia dengan Tunjuk Tangan

Adapun langkah mudah untuk menunjukkan dukungan Bunda adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Pilih dan klik dukungan Bunda di antara 3 dukungan tadi

  2. Lalu, isi data diri dan wujudkan dukungan Bunda

  3. Dapatkan pesan konfirmasi maksimal 1x24 jam

Sangat mudah 'kan, Bun? Sebagai aset kemajuan bangsa, setiap anak Indonesia berhak untuk merasakan kemerdekaan terutama dalam memperoleh akses kemajuan demi masa depan yang lebih baik.

Yuk, dukung kemajuan anak Indonesia dan ajak Bunda lainnya melalui WhatsApp dan Facebook untuk ikut serta gerakan #AyoTunjukTangan!

Sumber:

https://www.webmd.com/parenting/guide/7-secrets-of-toddler-discipline#1

https://www.parents.com/parenting/better-parenting/advice/5-values-you-should-teach-your-child-by-age-five/

https://www.unicef.org/early-childhood-development

https://www.aafp.org/afp/2002/1015/p1463.html

Artikel Terpopuler