Facebook Pixel Code Perkembangan Bayi 5 Bulan yang Wajib Bunda Pahami

Perkembangan Bayi 5 Bulan yang Wajib Bunda Pahami

perkembangan bayi 5 bulan

Perkembangan buah hati di awal-awal kehidupannya berlangsung dengan cepat. Bila sebelumnya si Kecil hanya bisa menangis dan tidur, beberapa bulan setelahnya dia akan mulai menunjukkan perkembangan yang signifikan, seperti tengkurap lalu merangkak.

Selanjutnya, si Kecil akan mulai belajar duduk di mana hal ini biasanya menjadi salah satu perkembangan bayi 5 bulan. Apakah hanya kemampuan duduk? Tentu saja tidak.

Berikut ini beberapa perkembangan bayi 5 bulan yang perlu Bunda perhatikan!

Kemampuan  Fisik

Bayi berusia 5 bulan kini sudah memiliki kekuatan di area kaki dan sudah mulai bisa menanggung beban di kakinya. Kemudian, perkembangan bayi usia 5 bulan pun juga meliputi kekuatan yang ada di siku dan lengan, jadi si Kecil bisa menopang tubuhnya saat tubuhnya tengkurap.

Lalu, tangannya pun sudah bisa meraih objek yang ada di jangkauannya dan dia bisa menggenggam objek itu. Si Kecil sudah bisa memegang mainan sendiri, Bund. Jadi, pilih-pilih sebelum memberikannya mainan ya, Bund. Pastikan objeknya tidak berbahaya.

Kemampuan Motorik

Perkembangan bayi 5 bulan dalam kemampuan motorik yang paling mudah diperhatikan adalah kemampuan duduk. Ya, si Kecil kini bisa duduk lebih lama tanpa terjatuh, Bund. Tapi, meskipun begitu, Bunda tetap perlu menyiapkan bantal di belakangnya untuk berjaga-jaga, ya!

Selanjutnya, beberapa anak juga sudah bisa memutarbalikkan tubuhnya dari keadaan telentang ke tengkurap. Jadi, sama seperti sebelumnya, pastikan untuk menjaga si Kecil. Sebab, ketika sudah bisa memutarkan tubuh, si Kecil lebih berisiko jatuh dari tempat tidur dan juga mengalami cedera.

Kemampuan Penglihatan

Pandangan si Kecil belum sempurna, tetapi jelas lebih baik dibandingkan sebelumnya. Bahkan, hal ini sebaiknya tidak perlu Bunda khawatirkan karena pandangannya baru akan sempurna setelah mencapai usia 3 tahun. Kemudian, kemampuan melihatnya pun akan meningkat setiap waktu.

Nah, tapi, khusus di bulan kelima, peningkatan yang sudah dirasakan si Kecil akan memiliki hasil signifikan. Makanya, si Kecil mungkin akan suka melihat objek penuh warna, berbentuk unik, atau dengan pola-pola tertentu.

Kemampuan Sosial dan Emosional

Usia 5 bulan adalah awal dari pencarian jati diri si Kecil. Makanya, pada perkembangan bayi 5 bulan, si Kecil akan mulai mengenal siapa orang tuanya dan siapa orang asing. Fenomena ini juga yang menyebabkan si Kecil punya kedekatan khusus dengan orang tua dan senang jika bermain dengan Bunda atau Ayah.

Tapi, keadaan ini pun bisa membuat si Kecil merasa cemas kalau bertemu orang asing. Si Kecil akan merasa tidak aman dan memang membutuhkan waktu agar terbiasa bertemu orang-orang baru. Jadi, jangan khawatir dulu ya, Bund!

Kemampuan Otak dan Kognitif

Konsekuensi adalah hal yang mulai dikenali oleh si Kecil, nih. Sekarang, mereka bisa tahu kalau tindakan mereka akan menyebabkan objek tertentu bergerak, misalnya kalau mereka mendorong bola atau melempar makanan. Bahkan, hal ini bisa jadi sesuatu yang menghibur si Kecil, Bund!

Lalu, di antara usia 4 dan 6 bulan ini, si Kecil akan mulai memahami kalau objek yang hilang dari penglihatan tidak berarti hilang. Maka dari itu, si Kecil mungkin jadi tidak sering menangis kalau ditinggal Bunda sebentar.

Nah, itulah tadi beberapa tanda-tanda perkembangan bayi 5 bulan yang patut Bunda perhatikan. Apabila si Kecil belum menunjukkan kemampuan-kemampuan di atas, jangan panik dulu, Bund. Berikan dia stimulasi lewat mengajaknya bermain, bergerak, bersosialisasi, dan lewat pendekatan-pendekatan lainnya. Namun, jika ada kendala, jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter ahli kesehatan anak.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Sumber:

  • Chaunie Brusie, RN. (2018). Your 5-Month-Old Baby’s Development & Milestones. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-5-month-old-baby-development-and-milestones-4172566

  • Watson, S. (2009, October 27). Baby Development: Your 5-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-5-months#1

  • 5-6 months: baby development. (2020, March 13). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/5-6-months

Artikel Terpopuler