Facebook Pixel Code 12 Cara Stimulasi Bayi 1 Bulan untuk Tumbuh Kembangnya

12 Cara Stimulasi Bayi 1 Bulan untuk Tumbuh Kembangnya


Genap usia 1 bulan ternyata sudah banyak hal yang dicapai si Kecil. Kini, saatnya Bunda untuk tahu cara stimulasi bayi 1 bulan yang tepat supaya perkembangannya makin optimal. 

Bayi 1 Bulan Bisa Apa Saja?

Sebelum memberikan berbagai stimulasi untuk si Kecil, yuk ketahui dulu apa saja capaian perkembangan bayi 1 bulan. Di antaranya:

  • Memperlihatkan ekspresi wajah. Entah itu mengangkat alis, mengerutkan alis, menguncupkan bibir, juga menyipitkan mata dan melotot. 
  • Mengenali aroma tubuh Bunda. 
  • Mengenali suara Bunda dan Ayah. 
  • Merespon suara keras yang didengar dengan menendang kaki, mengayunkan lengan, atau melengkungkan punggung.
  • Melihat objek dengan lebih baik, yakni sekitar 20-30 cm dari hadapannya.
  • Mengikuti gerakan objek yang ada di depannya. 
  • Menunjukkan ketertarikan saat ada orang yang bicara dengannya. 
  • Memperlihatkan refleks seperti mencari, mengisap, kaget (Moro), dan menggenggam. 
  • Mengangkat kepala selama beberapa saat, terutama saat telentang dan Bunda menggendongnya dalam posisi badan tegak. 
  • Mengatupkan tangan. 
  • Mulai mengoceh. 
  • Tersenyum saat diajak bicara. 
  • Menangis sebagai caranya berkomunikasi. 
  • Mengecap bibir saat lapar.

Bunda juga dapat memonitor perkembangan bayi setiap bulannya lebih lengkap lewat fitur Catatan Perkembangan Anak.

Cara Stimulasi Bayi 1 Bulan

Stimulasi tepat dapat bantu si Kecil membangun dan memperkuat jaringan saraf di otaknya selama 1000 Hari Pertama Kehidupan. Berikut ide stimulasi agar si Kecil berkembang optimal:

1. Menengkurapkan Bayi

Menengkurapkan bayi atau tummy time adalah stimulasi bayi yang baik untuk perkembangan motorik dan kekuatan otot fisik, agar ia bisa berguling, merangkak, dan duduk di bulan berikutnya.

Coba tengkurapkan si Kecil di atas dada Bunda, atau di permukaan datar yang diberi selimut atau kasur busa tipis sebagai alasnya. Lama waktu tummy time, yakni 3-5 menit tiap 2-3 kali sehari. 

Setelah si Kecil terbiasa, Bunda bisa tingkatkan durasinya pelan-pelan. Pastikan Bunda mengawasi si Kecil selama sedang tummy time, ya.

2. Letakkan Mainan Bergerak

Untuk melatih koordinasi mata adalah dengan meletakkan mainan stimulasi bayi 1 bulan yang bisa bergerak. Langkah ini dapat melatih gerakan mata bayi untuk mengikuti arah objek.

Agar si Kecil betah tengkurap, Bunda bisa menempatkan atau menggoyangkan mainan yang bentuk dan warnanya menarik agar ia terpancing meraih dan mengambilnya. 

Selain itu, Bunda juga bisa menggantung mainan di atas tempat tidur bayi saat ia sedang belajar tengkurap.

3. Beri Pelukan dan Ciuman

Mendapatkan sentuhan langsung dari Bunda bisa bantu bayi nyaman sehingga bisa mengatur suhu tubuh dan pernapasannya sendiri.

Untuk itu, Bunda bisa sering-sering memberikan si Kecil sentuhan seperti pelukan, ciuman, belaian, ataupun gendongan. 

Baca Juga: Berat Badan Bayi 1 Bulan yang Ideal Menurut IDAI

4. Memijat Bayi

Selain memberi pelukan, ciuman, dan belaian, Bunda dapat meningkatkan bonding bersama si Kecil dengan memijat tubuhnya secara lembut. 

Memijat bayi diketahui dapat membantu menenangkannya saat sedang rewel.

5. Sering Ajak Ngobrol

Sering ajak ngobrol bayi bagus untuk stimulasi bayi, Bun. Aktivitas ini juga bantu stimulasi pendengaran bayi 1 bulan, sekaligus kemampuan mengingat, dan memperkaya kosa katanya.

Bunda bisa ceritakan apa saja yang Bunda sehari-hari lakukan kepada si Kecil. Misalnya saat belajar tengkurap, memandikan bayi, mengganti popok, serta ketika minum susu. 

6. Respon Ocehan Bayi

Selain ajak bicara, Bunda bisa merespon atau membalas suara yang dikeluarkan bayi, serta menggunakan dan meniru suara si Kecil. 

Coba juga tiru ekspresi wajah si Kecil. Aktivitas ini dapat mendorong kemampuan sosial dan emosional, serta membantunya belajar mengenali dan menanggapi emosi.

7. Lakukan Kontak Mata

Coba tatap mata bayi sambil tersenyum atau mengajaknya bicara. Bunda juga bisa memanggil namanya dari jarak yang agak jauh untuk memancing si Kecil menoleh atau mencari arah sumber suara. 

Kontak mata sangat penting untuk membangun ikatan batin kuat antara Bunda dan bayi, yang meningkatkan rasa aman dan memungkinkan otaknya tumbuh dan berkembang sesuai jalurnya. 

Saat memandang si Kecil, pastikan Bunda memberikan senyuman hangat pada bayi sebagai stimulasi bayi 1 bulan.

Baca Juga: Apakah Wajar Bayi Baru Lahir Tidur Terus?

8. Gerakkan Kaki Bayi Seperti Berkayuh

Menggerakkan kaki layaknya sedang bersepeda dipercaya bagus untuk stimulasi bayi 1 bulan.

Aktivitas ini dapat bantu mengencangkan otot-otot kaki sebagai “modalnya” untuk belajar merangkak dan berjalan nanti. Lakukan stimulasi ini beberapa menit setiap hari.

9. Bacakan Buku

Membacakan buku dengan suara keras adalah aktivitas stimulasi bayi 1 bulan yang penting untuk perkembangan kognitif si Kecil.

Semakin banyak cerita yang Bunda bacakan, semakin banyak kata yang akan didengar bayi dan semakin baik pula perkembangan bahasanya sejak dini. 

Sebab, mendengar kata-kata akan membantu membangun jaringan kosakata yang berlimpah di otak bayi.

10. Main Pesawat-pesawatan

Untuk melatih penglihatan dan memberikannya suasana baru, sesekali cobalah permainan pesawatan-pesawatan.

Caranya, Bunda duduk sambil menggendong bayi menghadap ke bawah menggunakan lengan Bunda di perutnya untuk menopangnya. 

Angkat bayi tinggi di atas badan Bunda sambil diayunkan pelan-pelan dari satu sisi ke yang lain. Bunda juga bisa membuat suara mesin pesawat untuk menghibur si Kecil.

Baca Juga: Durasi Jam Tidur yang Ideal untuk Bayi Sesuai Usianya

11. Sit-Up

Bunda bisa bantu memperkuat otot leher si Kecil dengan melakukan stimulasi bayi 1 bulan ini. Caranya mudah, baringkan bayi telentang di atas selimut dan Bunda duduk di depan kakinya.

Pegang erat dua sudut atas selimut di dekat kepalanya dan tarik ke atas dengan lembut agar badan si Kecil terangkat maju ke arah badan Bunda. Baringkan si Kecil kembali secara perlahan.

Ulangi ini beberapa kali dan hentikan ketika si Kecil sudah mulai menunjukkan tanda-tanda overstimulasi dengan menggeliat atau memalingkan muka.

12. Jalan-Jalan di Sekitar Rumah

Bunda juga bisa mengajak bayi jalan-jalan di sekitar rumah atau sekadar duduk di teras untuk mengenalkannya pada pemandangan atau suara. 

Bahkan, Bunda dapat mengenalkan barang-barang yang ada di dalam rumah dan menarasikannya pada si Kecil. 

Baca Juga: Perkembangan Bayi 2 Bulan, Apa yang Bisa Dilakukan si Kecil?

Tips agar Stimulasi Bayi Efektif

Pemberian stimulasi sangatlah penting untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 1 bulan. Meski demikian, stimulasi yang dilakukan berlebihan justru bisa membuat bayi jadi rewel.

Supaya stimulasi bayi dapat berjalan efektif, berikut beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan:

  • Lakukan stimulasi saat bayi dalam keadaan tenang dan waspada, seperti setelah tidur atau makan. Hindari stimulasi ketika bayi lelah, lapar, atau rewel.
  • Tetapkan rutinitas sehari-hari sesuai jadwal. Misalnya, kapan waktu si Kecil menyusu, mandi, ataupun tidur.
  • Gunakan mainan yang aman, menarik, dan bervariasi untuk merangsang indra bayi. Mainan dengan tekstur berbeda, suara, dan warna dapat bantu mengembangkan keterampilan sensorik dan motorik.
  • Lakukan stimulasi secara rutin setiap hari untuk membangun kebiasaan dan mendukung perkembangan yang berkelanjutan. 
  • Kenali tanda-tanda bayi merasa lelah (overstimulasi) untuk mencegah si Kecil rewel dan menangis. 

Itu dia informasi mengenai cara stimulasi bayi 1 bulan. Jika sudah melakukan berbagai stimulasi di atas, tetapi perkembangannya belum sesuai capaian usianya, segera konsultasikan ke dokter. 

Lalu, apa yang bisa Bunda lakukan untuk optimalkan tumbuh kembang bayi di bulan kedua kehidupannya?

 

Referensi: 

  1. 1-Month Infant Developmental Milestones | Help Me Grow MN. (2023). Helpmegrowmn.org. https://helpmegrowmn.org/HMG/DevelopMilestone/1Month/index.html
  2. Watson, S. (2009, October 20). Baby Development: Your 1-month-old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-1-month
  3. Overstimulation: babies and children. (2021, July 2). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/newborns/behaviour/common-concerns/overstimulation#what-is-overstimulation-nav-title
  4. 1-month-old baby: Development, Milestones & Growth. (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/1-month-old-baby-milestones-and-development_1077
  5. Your 2-Week-Old Baby’s Development & Milestones. (2018). Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-2-week-old-baby-development-and-milestones-4169757#toc-2-week-old-baby-development
  6. Chertoff, J. (2021, May 27). Guide to Tummy Time: When to Start and How to Make Tummy Time Fun. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/tummy-time#benefits
  7. 1-2 months: newborn development. (2022, December 13). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/newborns/development/development-tracker/1-2-months
  8. Your baby’s growth and development - 1 month old. (2021, September 22). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-1-month-old
  9. russ. (2021, August 10). How to Stimulate Your Child’s Vision. Optometrists.org. https://www.optometrists.org/childrens-vision/a-guide-to-eye-turns/how-to-stimulate-your-childs-vision/
  10. Marie, S. (2021, July 30). 11 Signs of an Overstimulated Baby and How to Soothe Them. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/11-signs-of-an-overstimulated-baby-and-how-to-soothe-them#prevention
  11. Activities for 1 Month Old: Stimulating Early Development. (2024). Healthyyoungminds.com. https://www.healthyyoungminds.com/activities-for-1-month-old/
  12. Aggarwal, N. (2023, September). Signs of an Overstimulated Baby (and How to Calm Their System). Thebump.com; The Bump. https://www.thebump.com/a/overstimulated-baby-signs

Artikel Terpopuler